LSP Pariwisata Bhakti Persada dibentuk berdasarkan deklarasi 8 orang para pihak (stakeholder), 3 orang mewakili Asosiasi Profesi/Perusahaan; 5 orang mewakili Kepakaran, pada tanggal 01 Januari 2014 bertempat di Ruang Rapat Hotel Cihampelas 2 Jl. Cihampelas Bandung. Sebagai tindak lanjut deklarasi tersebut, pada tanggal 08 April 2014, 8 orang mewakili berbagai Institusi, Industri, Asosiasi Profesi/Perusahaan dan Kepakaran, yakni 3 mewakili   Asosiasi   Profesi/Perusahaan, 3 mewakili unsur Kepakaran dan 2 mewakili unsur Industri, dihadapan Notaris Retno Isworowati, SH menandatangani Akta Pendirian, No : 02.- tanggal 08 April 2014.   Para pendiri LSP PARIWISATA BHAKTI PERSADA ini menyepakati membentuk Dewan Pengarah LSP PARIWISATA BHAKTI PERSADA dengan Ketua merangkap Anggota dijabat secara ex-officio oleh Ketua BPD PHRI Jawa Barat.

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) PARIWISATA BHAKTI PERSADA adalah lembaga pelaksana kegiatan sertifikasi profesi yang mendapatkan lisensi dari BNSP dengan No. BNSP-LSP-136-ID setelah memenuhi persyaratan yang ditetapkan untuk melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja dan telah dipercaya oleh beberapa instansi pemerintahan dan swasta untuk melaksanakan uji kompetensi baik itu fasilitasi, subsidi maupun mandiri.

Beranjak dari pasar kerja dalam negeri dan pelanggannya yang membutuhkan peningkatan kualitas profesi bidang Hotel dan Restoran yang kompeten menjadi faktor penting atas keberhasilan LSP PARIWISATA BHAKTI PERSADA dalam mendukung program pemerintah, yakni antara lain:

a. LSP PARIWISATA BHAKTI PERSADA yang dibentuk dan didirikan merupakan perpanjangan tangan dari BNSP yang bertanggung jawab melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja profesi sektor Pariwisata berdasarkan Surat Keputusan BNSP Nomor : KEP.679/BNSP/XII/2014 dengan Nomor Sertifikat Lisensi : BNSP-LSP-136-ID

b. Bahwa untuk itu, LSP PARIWISATA BHAKTI PERSADA tidak hanya bergerak dibidang Hotel dan restoran tetapi dapat pula kedepannya dikembangkan ke arah sub-sub bidang pekerjaan lain sesuai kebutuhan sertifikasi kompetensi tenaga kerja yang akan bekerja mandiri untuk daerah dan budayanya.

c. Didorong oleh keinginan untuk memberikan jaminan kualitas (quality insurance) dan jaminan keselamatan (safety insurance) pemilik sertifikat kompetensi kerja dari LSP PARIWISATA BHAKTI PERSADA yang independen sesuai dengan pedoman BNSP.